ARTIKEL PEMASARAN ONLINE
Strategi Pemasaran Online
adalah sebuah proses penyusunan komunikasi yang sebelumnya sudah di
susun dengan beberapa kaedah dan bertujuan untuk memberikan sebuah
informasi kepada seseorang mengenai produk barang atau jasa yang sedang
anda jajakan di internet, dalam kaitan untuk memenuhi dari kebutuhan dan
keinginan pengguna melalui online atau bisa disebut media internet.
dalam menjalankan Strategi Pemasaran Online Yang Tepat sesuatu harus
disusun dengan beberapa rencana, dalam hal ini anda tidak bisa bekerja
sendiri. sebab metode dalam ilmu internet marketing online,
yang berhubungan dengan dunia online memang lebih sulit untuk
memastikan apakah memang mereka tahu tentang produk atau jasa yang kita
tawarkan atau mungkin masih awam. bisa dikatakan bahwa dunia online
hanya dikenal bagi mereka kalangan menengah ke atas, untuk kalangan
bawah mungkin akan sukar untuk memastikan mereka untuk memiliki produk
yang anda jual. di sinilah letak dari Strategi Pemasaran Online harus di
rencanakan.
Strategi Pemasaran Online
bukan hanya sekedar rencana sesaat namun lebih dari itu, kita harus
memikirkan jangka panjang untuk ke depan. sebab bila anda pikir untuk
jangka pendek kemungkinan dana yang harus anda keluarkan tidak sedikit,
mungkin besar dan tidak anda bayangkan sebelumnya. itulah kenapa dalam
bisnis online anda membutuhkan Strategi Pemasaran Online.

Contents [show]
Mencari dan Dicari
Untuk
mendatang pelanggan baru mencari cara adalah salah satu Strategi
Pemasaran Online, banyak cara untuk menuju roma. hal yang yang harus
anda lakukan adalah reset pasar internet tentang produk yang sedang
ramai di perbincangkan, untuk mengetahui hal ini anda bisa menggunakan
tool online yang bisa anda gunakan secara gratis. jika anda menggunakan
softaware analisis sebaiknya anda reset juga menggunakan tool online.
ini memastikan apakah ada kecocokan dari kedua analisis ini. bila mana
kurang begitu akurat sebaiknya pertimbangkan atau bisa mencari celah
yang lain sesuai dengan produk yang akan anda jual. Strategi Pemasaran
Online memang membutuhkan penelitian dan uji coba jadi bila anda masih
baru dan ingin mengawali sebuah bisnis sebaiknya anda reset semua yang
akan anda jalankan.
Setelah semua yang anda lakukan sudah tepat anda bisa membuat Strategi Pemasaran Online lainnya, seperti pembuatan konten marketing
dan menjaring semua calon pelanggan, hal ini bukan mudah dan bukan
sulit, namun butuh kesabaran sebab kemungkinan yang terjadi mereka calon
pelanggan anda tidak tahu atau hanya ingin sekedar tahu saja, mereka
butuh proses untuk bisa memilih layanan anda. disinilah letak content marketing
diperlukan untuk membangun ide baru dan menambah wawasan mereka tentang
produk yang anda jual melalui online. Strategi Pemasaran Online tidak
akan sukses jika anda tidak mau bersabar dan menunggu. membangun
kepercayaan sangat di tuntut di dunia online.
Content Marketing
Setelah
semua ada rencana dari cara mencari beberapa ide, untuk Strategi
Pemasaran Online berikutnya merencanakan content marketing. ini bukan
hal mudah sebab content inilah yang bisa membuat pengunjung tahu apa
yang sedang anda tawarkan. dalam penulisan konten setidaknya anda sudah
menyusun beberapa rencana seperti pada postingan Perencanaan untuk membuat Pemasaran Konten. berawal dari Perencanaan → Membuat Konten → Menerbitkan Konten → Mempromosikan konten.
dengan menggabungkan 4 metode diatas sudah tentu konten yang anda
hasilkan bisa memenuhi permintaan calon pelanggan ada. ini salah satu
trik untuk menjalankan Strategi Pemasaran Online
Traffic
Untuk
mendapatkan limpahan pengunjung ke website anda tentu traffic adalah
nomor satu. jika pengunjung sepi atau minim dari target anda kemungkinan
apa yang sudah anda jalankan dalam Strategi Pemasaran Online akan pudar
atau bahkan anda tidak sukses. untuk menangani hal ini yang harus anda
lakukan adalah :
- SEO : hanya dengan seo website anda bisa tampil dihalaman depan mesin pencari. untuk meningkatkan pengunjung anda harus bisa menerapkan seo. karena seo sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan trafik pengunjung. meskipun mereka belum bisa menentukan setidaknya dengan seo anda bisa menjangkau semua pengguna internet, semua butuh proses untuk menentukan pilihan. dan inilah Strategi Pemasaran Online yang harus anda perhitungkan, bila anda tidak mampu untuk membuat website anda menjadi nomor satu anda bisa memperhitungkan untuk menyewasa jasa seo.
- Email Marketing : salah satu cara untuk mendapatkan respon dari pengguna sebaiknya anda menggunakan layanan email marketing. meskipun untuk sekarang ini untuk mendapatkan respon yang banyak sangat sulit, namun email marketing adalah salah satu cara untuk menerapkan Strategi Pemasaran Online.
- Social Media : dari tahun ke tahun media sosial selalu menjanjikan untuk meningkatkan pengunjung ke website anda. untuk menjalankan Strategi Pemasaran Online, anda harus bisa menggunakan cara ini ini untuk mendatangkan pengunjung. melalui beberapa metode seperti membangun komunitas, beriklan dan masih banyak lagi.
- Mobile Marketing : Google salah satu perusahaan pemasaran online terbesar mengatakan : “sejak dunia internet menjangkau semua pengguna mobile dari tahun 2012. kemungkinan pengguna internet akan beralih ke mobile, secara signifikan mereka akan merubah gaya hidup berselancar menggunakan mobile ketimbang menggunakan desktop.” kata-kata ini sudah membuktikan bahwa sebagian besar pengguna sudah beralih dalam pencarian mobile. untuk hal inilah untuk meningkatkan Strategi Pemasaran Online sebaiknya anda membaca cara menggunakan mobile marketing.
- SEM : adalah salah satu cara untuk menjalankan Strategi Pemasaran Online. SEM sendiri banyak di gunakan oleh para marketer sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung secara masif, hingga kini SEM sendiri selalu menjadi pilihan untuk mendatangkan trafik selain menggunakan SEO. SEM atau Search Engine Marketing untuk saat ini di dominasi oleh Google Adwords untuk itu bila anda belum begitu mengenal dengan istilah beriklan di adwords anda bisa membaca cara beriklan adwords yang efektif.
Merangkul Hubungan
Kenyataan
yang mungkin terjadi pertama kali pengunjung datang belum bisa
memutuskan untuk menjadi calon pembeli anda, ini sangat real sekali,
disini peranan konten dan cara anda untuk konversi pelanggan bisa
menjadi uang.
Untuk itulah anda bisa
merangkul mereka dengan berbagai cara, misalnya dengan berkomunikasi
dengan layanan chatting atau bisa juga melalui group di media sosial,
dengan begitu mereka akan tahu bahwa anda adalah orang yang mereka cari.
untuk membuat uang dari pelanggan membutuhkan strategi pemasaran online
yang tepat. sebagai sarana komunikasi untuk menjalin hubungan yang
baik. anda bisa mengumpulkan beberapa cara yaitu dengan mengumpulkan
nama dan alamat email mereka ini salah satu prospek yang baik untuk
menjalankan startegi pemesaran online, kemudian mengirim kepada mereka
tentang informasi yang sedang anda tawarkan. Jadi bila anda suatu saat
memiliki seratus atau ribuan bahkan jutaan email dalam daftar Anda,
semua itu dapat ditangani dengan sistematis. tanpa harus bingung untuk
membuat suatu rencana yang besar.
Semua
langkah di atas semua tujuannya adalah mendatangkan pendapatan anda.
Semua proses di atas harus Anda kerjakan bila ingin mendapatkan lebih
banyak keuntungan dari internet. Setelah anda memiliki pengunjung dan
bisa menghasilkan penjualan kini anda bisa menikmati bahwa semua langkah
diatas tidaklah sulit untuk anda kerjakan, ini sebuah proses untuk
menjalankan strategi pemasaran online. kesabaran dan keuletan anda dalam
bisnis online menjadi salah satu tonggak untuk menjadi sukses.
Manfaat Dari Pemasaran Online
Bagi banyak perusahaan, menggunakan pemasaran online merupakan cara untuk menghemat anggaran. Setiap pelaku bisnis tentunya sedang mencari cara, pemasaran seperti apa yang lebih efektif dan efisien sekaligus dapat mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Salah satu solusinya yaitu dengan mengevaluasi pemasaran online. Berikut adalah beberapa manfaat pemasaran online yang tidak tersedia dalam pemasaran offline:
1. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu
Internet tersedia untuk bisa diakses setiap saatnya. Pelanggan bisa mengunjungi situs tempat yang Anda pergunakan untuk memasarkan produk milik Anda kapanpun dan dimanapun juga selama mereka bisa bisa mendapatkan akses internet.
2. Biaya Pemasaran Lebih Murah
Biaya pemasaran online relatif lebih murah dibandingkan dengan pemasaran offline. Pemasaran bisa Anda lakukan dengan cara memajang produk di website milik sendiri maupun website milik pihak lain melalui agen pemasaran online. Pelaku bisnis bahkan dapat memanfaatkan website maupun blog gratis yang ada di situs-situs tertentu.
3. Kemudahan Memilih Target Pasar
Pebisnis bisa menawarkan produk kepada para komunitas tertentu melalui forum maupunsosial media. Anda juga bisa memasang iklan secara gratis atau yang berbayar dengan menggunakan kata kunci tertentu. Hal itu untuk membantu Anda dalam memilih target pasar yang potensial.
4. Organisasi Lebih Mudah dan Sederhana
Anda tidak perlu lagi memajang produk atau barang secara fisik, namun cukup menyediakan katalog maupun daftar barang dan deskripsi singkat mengenai masing-masing barang tersebut. Pebisnis juga tidak membutuhkan banyak karyawan penjual, Anda hanya perlu karyawan yang bertugas menangani pemesanan secara online dan karyawan di bidang pengiriman barang.
5. Kemudahan Mengelola Barang
Jika Anda menjual produk atau barang secara online dengan memanfaatkan website sendiri,sistem manajemen situs akan menyediakan sistem pengelolaan barang serta pergudangan. Anda juga bisa dengan mudah melihat stok barang. Dengan begitu, mungkin Anda tidak membutuhkan etalase dan Anda juga bisa menjual barang berdasarkan pesanan. Hal ini tentu saja akan mempermudah Anda dalam mengelola barang dagangan.
6. Pelayanan Lebih Fokus
Pelaku bisnis tidak perlu khawatir akan banyak pelanggan yang tidak terlayani, karena sistem komputer dapat menampung semua pesanan. Anda hanya perlu melayani para pelanggan yang akan melakukan pembelian.
7. Riset Pasar Lebih Mudah
Pemasaran online bisa membantu para pelaku bisnis dalam melakukan riset pasar mengenai produk-produk yang banyak diminati oleh konsumen misalnya dengan cara melihat kata kunci yang banyak mereka cari di situs Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan.
0 komentar:
Posting Komentar